Nasihat Saat Liburan

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa kalian kerjakan pada saat liburan nanti untuk menghibur kembali hati kalian ala santri:

1.Persiapkan liburanmu

Persiapan adalah salah satu hal paling utama sebelum liburan karena ketika telah mempersiapkan segala persiapan untuk liburan kita itu akan memnuat liburan kita lebih bermakna, berarti dan lebih terkendali

2. Tulislah rencana liburanmu

Perencanaan yang matang adalah hal yang sangat di perlukan ketika ingin menghadapi liburan buatlah perencanaan dengan teman temanmu dan tulislah shcedule yang ingin anda lakukan ketika liburan

3. Berkreasilah

Berkreasi untuk mengisi liburanmu mungkin adalah salah satu alternatif terbaik karena selain dapat mengisi waktu liburan kita kegiatan ini juga bisa melatih kekreatifan kita saat waktu kosong karena ke kreativitasan biasa datang saat waktu kosong. Sehinnga hal ini mungkin jadi ladang untuk mengasah otak dan saat untuk menimba rezeki

4. Silaturahmi ke Tempat Saudara atau Teman

Berkunjung atau silaturahmi ke sanak saudara terdekat dengan pesantren biasa dilakukan oleh santri yang rumahnya jauh. Misalnya santri asal Sumatera mondok di serang, lalu punya saudara di cilegon. Mungkin mereka bisa mengganti acara liburan dengan pulang ke tempat saudara terdekat. Kalau tidak ke tempat saudara, kadang rumah rekan akrab menjadi pilihan. Sejenis dengan acara silaturahmi, ada juga santri yang hobi berpetualang mengisi liburan dengan mendaki gunung, menembus hutan, dll

5. Membantu pekerjaan Orang tua

Bila kalian di rumah memiliki orang tua yang menjadi seorang pedagang atau apapun kecuali seorang PNS, maka kalian bisa untuk mencoba membantu orang tua kalian di rumah, seperti membersihkan rumah/kamar, menyuci piring, mengasuh adik, ketahuilah saudaraku, mereka (orang tua) telah mengorbankan tenaganya untuk membiayai kita bersekolah di pesantren, masa kita tidak bisa membantu mereka walau hanya saat liburan saja? hitung hitung ya agar kita kelak mengerti apa pekerjaan mereka dan bagaimana cara kita meneruskannya sebagai seorang penerus.

6. Menyibukkan Diri di Organisasi

Di dekat rumah kita pasti terdapat banyak organisasi semisal Lazis, Karang Taruna, IPM, atau Mungkin Ikatan Remaja Masjid, dll , nah pada saat liburan kita bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk sekedar membantu organisasi tersebut, insya allah akan ada banyak manfaat yang bisa kita petik dari berkegiatan tersebut, karena di sana kita bisa belajar cara yang baik untuk berorganisasi dan hal tersebut bisa kita terapkan saat kita kembali ke pesantren nantinya , maka dari itu carilah organisasi di sekitar kalian dan mintalah untuk bergabung walau hanya sekedar sebentar untuk mengisi waktu libur insya allah, mereka akan mengizinkan kita bergabung .

7. Menekuni Hobby

Cara untuk menghabiskan yang paling menyenangkan adalah dengan menekuni hobby kita, akan tetapi dalam menekuni hobby, ambilah hobby yang bermafaat untuk kita, sebaiknya tidak menekuni hobby yang buang-buang waktu seperti main game, atau mungkin bersosmed ria di rumah seharian yang itu tidak ada manfaatnya sama sekali, carilah hobby yang bermanfaat seperti hiking, traveling, diving, olahraga yang lain dan mungkin coding, atau mungkin blogging.

8. Jaga dengan baik hal-hal positif yang sudah ada

Setelah kita berjuang keras untuk menjaga agar segala hal yang diwajibkan dalam agama kita lakukan sebaik-baiknya, semisal shalat fardhu berjamaah tepat waktu, kita juga sangat dianjurkan menjaga hal-hal positif yang sdh menjadi kebiasaan baik di pesantren dan juga di rumah. semisal tidak membiarkan hari berlalu tanpa tilawah, shalat tahajud, shalat dhuha. Bersedekah, dan lain-lain.

9. Jangan lupa mengisi lembar evaluasi harian siswa

10. Hindari hal-hal yang tidak bermanfaat

Selain menjauhi hal-hal negative berbau dosa, apalagi hal-hal yang termasuk dosa besar, kita juga dianjurkan untuk menghindari hal-hal yg tidak bermanfaat. Diantaranya adalah menghindari penggunaan gadget yang berlebihan, bahkan sampai melalaikan (lupa waktu, lalai sholat berjamaah, lupa ngaji, dan sebagainya)

Semoga Beberapa hal diatas dapat membuat liburan kalian makin penuh dengan barokah dan mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain karena:

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس »

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquth

Bagian Kepesantrenan

Lembar Kegiatan Libur Siswa R1